Pengertian domain dan hosting

Dalam proses membuat blog/ Website, Kamu akan di hadapkan pada 2 hal utama, Yaitu domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Berikut adalah Pengertian domain dan hosting berikut ilustrasinya senhigga memudahkan kamu mengartikannya.

Pengertian Domain

Di kutip dari wikipedia, Pengertian Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Baca: Cara Membuat Blog pribadi gratis

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Kalau di ibaratkan dengan rumah, Domain adalah alamat dari rumah itu sendiri. Jadi, Jika kamu mencari rumah tujuan, Tentunya kamu harus tahu alamatnya terlebih dahulu. Alamat rumah tentunya spesifik dan unik.

Baca: Cara Membuat blogspot untuk Pemula

Begitu Pula Domain, Alamat domain di dalam dunia internet tidak ada yang sama, misalnya blog ini alamatnya adalah localsbali.com. Hanya akan ada satu alamat domain seperti ini.

Pengertian Hosting

Kalau Domain adalah alamatnya rumah, Hosting atau di kenal juga dengan Web hosting adalah Rumah itu sendiri. Pastinya setiap rumah pasti ada isinya, Entah itu penghuni, Furniture, tempat tidur dan lain sebagainya.

Hosting dalam suatu blog/Internet adalah rumah itu sendiri. Jadi hosting itu ibaratnya rumah dari konten blog/website kamu.

Baca: Cara membuat blog di hp smartphone

Hosting sendiri ada yang sifatnya gratis dan berbayar, Yang berbayar pun juga di bedakan berdasarkan kapasitas dari hosting tersebut. Semakin besar hosting, Semakin mahal dan tentunya memiliki kapasitas lebih besar.

Untuk mendapatkan domain dan hosting gratis, Kamu bisa pakai blogspot (blogger.com) atau wordpress (WordPress.com). Hanya saja kamu harus menyertakan subdomain dari penyedia blog kamu, Misalnya: blogku.wordpress.com atau blogku.blogspot.com.

Baca: Cara Menghasilkan uang dengan blog

Sedangkan jika kamu membeli domain dan hosting, Kamu akan mendapat akses penuh ke domain dan layananan hosting tersebut. nama domain kamu akan unik seperti blogku.com atau seperti blog ini localsbali.com

Pengertian domain dan hosting dalam ilustrasi

Domain adalah alamat blog, Sedangkan hosting adalah rumah dari konten blog itu sendiri. Jika ingin punya blog pribadi, Sebaiknya membeli domain dan hosting terlebih dahulu. untuk membeli domain dan hosting bisa kunjungi domainesia, Penyedia domain dan hosting murah di indonesia.

DomaiNesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *