Home » Pura Uluwatu Bali, Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Atraksinya
pura uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali, Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Atraksinya

Pura Uluwatu Bali adalah Tempat wisata Pura di Bali selatan yang terletak di Barat daya Pulau Bali. Tepatnya di kawasan Bali selatan. Pura Uluwatu dengan pemandangan tebing yang menghadap ke samudra hindia merupakan tempat yang paling indah untuk menyaksikan Sunset di Bali. Dikenal dengan sebutan Uluwatu Temple, Tempat wisata pura yang tidak boleh di lewatkan jika berwisata Ke Bali.

Pura Uluwatu Bali

Daftar Isi:

Sejarah Singkat

Dikisahkan ketika pada suatu hari pada anggara kliwon wuku medangsia Dhangyang Dwijendra diberi wahyu dari Tuhan pada hari itu juga beliau harus pergi ke sorga. Pendeta Hindu asal Jawa Timur yang juga menjadi bhagawanta (pendeta kerajan) Gelgel pada masa keemasan Dalem Waturenggong sekitar 1460-1550, merasa bahagia karena saat yang dinanti-nantikannya telah tiba.

Namun, pendeta yang juga memiliki nama Danghyang Nirartha itu masih menyimpan satu pusataka yang bakal diberikan kepada putranya. Di bawah ujung Pura Uluwatu, tampak seorang nelayan bernama Ki Pasek Nambangan. Danghyang Dwijendra meminta agar Ki Pasek Nambangan mau menyampikan kepada anaknya, Empus Mas di desa Mas bahwa Danghyang Dwijendra menaruh sebuah pustaka di Pura Luhur Uluwatu. Kemudian KiPasek Nambanganpun memberikan sebuah permintaan dari Dhangyang Nirarta.

Kemudian KiPasek Nambangan akhirnya pergi, sementara Dhangyang Dwijendra melakukan tapa yoga semadi. Selanjutnya Maha Resipun akhirnya moksah (Pergi ke surga tanpa meninggalkan badan kasar) dengan cepat seperti sebuah kilat. KIPasek nambangan hanya melihat sebuah cahaya ke angkasa.

Cerita sejarah Pura Uluwatu ini kemudian berkembang menjadi kepercayaan masyarakat setempat dan Hindu di Bali. Bahwa keberadaan Pura Uluwatu memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan beragama masyarakat Hindu di Bali. (Sumber: Disini)

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Menuju Pura uluwatu Bali

Terletak di ujung Barat daya pulau Bali selatan. Pura uluwatu sangat mudah di jangkau dari Seminyak maupun Kuta. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan dengan kendaraan. Untuk menuju tempat wisata ini, Kalian akan melewati patung Garuda Wisnu (GWK) jika datang dari arah Kuta maupun seminyak. Gwk adalah Patung Burung garuda dan Dewa Wisnu yang menjulang tinggi di Bali.

Alamat: Jalan Raya Uluwatu Pecatu, Kuta selatan, Buka: 08.00 -19.00

Jika di akses Melalui daerah Nusa Dua, Pura ini satu jalur dengan Pantai pandawa dan Pantai Melasti. 2 Pantai terbaik di Bali selatan yang terletak di belakang tebing. Jaraknya hanya sekitar 20 Menit dari kedua Pantai ini.

Sebelum memasuki areal pura Uluwatu, Kalian akan menjumpai pos untuk membayar tiket kendaraan, Hanya di bebankan biaya Parkir Rp. 2000/ Kendaran. Harga tiket Masuk di pura Uluwatu bisa di dapat di konter penjualan tiket sebelum Pintu Masuk. Harga Tiket masuk silahkan cek di tabel di Bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu Bali (Khusus Domestik)Harga/Orang
Dewasa Domestik30.000
Anak anak20.000
Tiket Tari Kecak (Kecak Dance)100.000

Atraksi wisata Pura Uluwatu Bali

Atraksi wisata Pura Uluwatu menawarkan pemandangan Tebing yang tingginya mencapai 90 Meter dari dasar Laut. Disini kalian bisa melihat keindahan laut biru dari ketinggian. Tempat yang sangat cocok untuk menyaksikan sunset di Bali. Areal Tempat sembahyang pura Uluwatu tertutup untuk Umum, Kalian hanya bisa melihat dari Pinggir tebing.

Selain, Menyaksikan Laut dan Tebingnya, Disini juga akan banyak di jumpai kera berwarna Abu abu. Untuk memasuki pura ini di anjurkan tidak membawa makanan dan Barang barang yang mudah lepas dari Tangan. Hal menarik lainya adalah pementasan Tari Kecak pada saat matahari terbenam. Tarian ini mulai dari Jam 6-7 Petang. Tiketnya di jual terbisah di konter sebelum memasuki areal Panggung.

Hal yang perlu di Perhatikan sebelum memasuki kawasan Pura Uluwatu Bali

Di dalam Kawasan Pura uluwatu terdapat sekelompok kera yang agak agresif. Demi kenyamanan berlibur di pura ini, Mohon perhatikan penjelasan Berikut.

  • Hindari membawa makanan ke areal Pura, Karena para kera akan selalu mengintai kamu untuk mendapatkan makanan/Minuman yang kamu bawa.
  • Lepas Anting anting, Kacamata, Topi dan benda mencolok yang mudah di Tarik oleh kera.
  • Jangan melakukan kontak Mata apalagi menyentuh atau mengusirnya. Kera akan semakin Agresif.
  • Kacamata yang harus selalu di pakai mohon selalu di pegang, Kera sangat lihai, di saat lengah kacamata kamu bisa di ambil sama kera.
  • Usahakan membawa sebatang kayu ketika berjalan kawasan pura uluwatu, Kera disini Takut sama kayu dan Ketapel. Tapi jangan pernah memukul keranya, Ini hanya untuk menakut nakuti saja.
pura uluwatu Bali

Syarat Memasuki Pura

Untuk memasuki pura di Bali ada beberapa persyaratan yang wajib di ketauhi pengunjung sebelum memasuki areal pura. Pura di Bali adalah tempat yang sangat di sakralkan. Berikut adalah syarat yang perlu di ketahui:

  • Memasuki areal pura harus menggunakan kain sarung dan selendang. Berlaku buat semua Pengunjung Laki laki maupun Perempuan. Jika tidak atau lupa membawa bisa sewa di lokasi (sudah Termasuk di harga tiket Masuk)
  • Berpakain yang sopan dan Jangan Berteriak atau mengeluh.
  • Jangan Melakukan adegan atau pose berlebihan.
  • Wanita dalam keadaan Haid tidak di perbolehkan memasuki areal Pura.
  • Jangan Menaiki atau memanjat areal Pura.
  • Hormati orang yang sedang Sembahyang.

Baca Juga: Desa Canggu di Bali, Tempat wisata yang lagi hits

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *